Ternyata Ini Penyebab Radang Vagina Dan Pencegahannya!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Tahukah Anda bahwa radang vagina banyak sekali jenis penyebabnya, mulai jadi bakteri, infeksi jamur, dan parasit trikomoniasis.

Baca Juga : Gatal Pada Area Intim, Siapa Tahu Ini Gejala Radang Vagina

Namun, sebagian besar dari kasus vaginitis berasal dari infeksi bakteri. Keberadaan bakteri ini pada miss v merupakan hal yang wajar selama jumlahnya masih seimbang.

Nah radang vagina ini terjadi karena jumlah bakteri jahat maupun baik tidak seimbang. Karena itulah terjadinya peradangan di sekitar vital wanita.

Penyebab Dan Cara Mencegah Radang Vagina

Pemicu yang bisa menimbulkan vaginitis ialah radiasi, cedera pada area miss v, serta masalah kesehatan yang serius seperti pada penyakit autoimun.

Penyebab Dari Radang Vagina

Radang vagina atau vaginitis dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

1. Infeksi Jamur

Infeksi jamur atau kandidiasis dapat menyebabkan gejala seperti gatal-gatal, kemerahan, dan keputihan putih yang kental.

2. Infeksi Bakteri

Bakteri seperti Gardnerella vaginalis atau bakteri lainnya dapat menyebabkan vaginosis bakteri. Yang bisa memicu timbulnya gejala seperti keputihan berwarna keabuan atau kehijauan, bau yang tidak sedap, dan gatal-gatal.

3. Infeksi Virus

Virus seperti virus herpes simplex dapat menyebabkan radang vagina dengan gejala seperti rasa sakit saat buang air kecil serta luka di area vagina.

4. Penggunaan Produk Kesehatan Wanita Yang Tidak Sesuai

Produk seperti semprotan pengharum atau penghilang bau, pantyliner atau pembalut beraroma kuat.

Bahkan sampai produk pembersih vagina yang mengandung bahan kimia keras dapat menyebabkan iritasi dan juga radang vagina.

5. Reaksi Alergi

Reaksi alergi terhadap produk kesehatan wanita atau bahan lainnya juga bisa menyebabkan radang vagina.

6. Menopause

Perubahan hormon selama menopause sehingga bisa memengaruhi kesehatan vagina dan menyebabkan gejala seperti kering dan gatal.

7. Kanker Serviks

Beberapa jenis kanker serviks dapat juga menyebabkan gejala seperti keputihan dan rasa sakit saat berhubungan seksual.

Cara Mencegah Vaginitis

Lakukan lah langkah-langkah pencegahan vaginitis secara konsisten dan juga rutin. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi kembali. Inilah cara mencegah vaginitis yang bisa seseorang lakukan diantaranya adalah:

  • Menjaga kebersihan area vital
  • Jangan menggunakan produk kesehatan seperti pengharum ataupun douching
  • Jangan menggunakan pakaian maupun celana yang ketat
  • Ganti pembalut atau juga pantyliner bila sudah merasa tidak nyaman
  • Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang

Pemicu yang bisa menimbulkan vaginitis ialah radiasi, cedera pada area miss v, serta masalah kesehatan yang serius seperti pada penyakit autoimun.

Konsultasi Gratis Secara Online 24 Jam Klinik Vaginitis Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Penyembuhan Radang Vagina di Klinik

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Herpes Kelamin Pria, Memangnya Bisa?

Pengobatan Sakit Kencing Pada Dokter Spesialis Jakarta

Kapan Harus ke Dokter ISK Pria, Perhatikan Gejalanya